Design Game 'BLUSUGAME'- dgn Teory Tracy Fullerton (Formal Element dan Dramatic Element)
Salam…
Setelah sekian lama tidak menulis di blog ini karena sibuk dan padatnya tugas kuliah yg sangat menyita waktu – hahaha cie menyita waktu -, akhirnya kali ini saya mencoba kembali untuk membagikan tulisan tentang design game. Dalam tulisan ini, game yg coba saya rancang adalah game bergenre adventure yg saya beri nama ‘blusugame’ – kenapa blusugame? Ahh nanti anda akan tahu sendiri jawabannya setelah membaca tulisan ini wkwkw-. Game serupa yg sama dgn game ini sudah cukup banyak, tetapi yg membedakan game lain dgn game ini adalah dari konsep dan ceritanya. Jika di game lain yg hampir sama dgn game ini pemain hanya bertugas mangumpulkan poin/nilai, maka di game ini pemain mempunyai tugas selain mengumpulkan poin, juga bertugas menyelesaikan misi/pekerjaan yang diberikan di tiap sublevel, dan misi/pekerjaan tersebut berbeda2 pada setiap sublevel. Dalam merancang game ini, saya menggunakan teori Tracy Fullerton dalam bukunya ‘Game Design Workshop – A playcentric approach to creating innovative games’, yg dimana beliau mengatakan bahwa ada 2 elemen dasar game yaitu elemen formal (Formal Element) dan elemen dramatis (Dramatic Element). Elemen formal terdiri dari player, objective, procedure, rules, resources, conflict, boundaries, dan outcome. Sedangkan elemen dramatis terdiri dari challenge, premise, character, story, dan dramatic arc.
Setelah sekian lama tidak menulis di blog ini karena sibuk dan padatnya tugas kuliah yg sangat menyita waktu – hahaha cie menyita waktu -, akhirnya kali ini saya mencoba kembali untuk membagikan tulisan tentang design game. Dalam tulisan ini, game yg coba saya rancang adalah game bergenre adventure yg saya beri nama ‘blusugame’ – kenapa blusugame? Ahh nanti anda akan tahu sendiri jawabannya setelah membaca tulisan ini wkwkw-. Game serupa yg sama dgn game ini sudah cukup banyak, tetapi yg membedakan game lain dgn game ini adalah dari konsep dan ceritanya. Jika di game lain yg hampir sama dgn game ini pemain hanya bertugas mangumpulkan poin/nilai, maka di game ini pemain mempunyai tugas selain mengumpulkan poin, juga bertugas menyelesaikan misi/pekerjaan yang diberikan di tiap sublevel, dan misi/pekerjaan tersebut berbeda2 pada setiap sublevel. Dalam merancang game ini, saya menggunakan teori Tracy Fullerton dalam bukunya ‘Game Design Workshop – A playcentric approach to creating innovative games’, yg dimana beliau mengatakan bahwa ada 2 elemen dasar game yaitu elemen formal (Formal Element) dan elemen dramatis (Dramatic Element). Elemen formal terdiri dari player, objective, procedure, rules, resources, conflict, boundaries, dan outcome. Sedangkan elemen dramatis terdiri dari challenge, premise, character, story, dan dramatic arc.
Semoga tulisan ini bermanfaat
bagi teman2 smua….
BLUSUGAME
Genre
: Adventure
Player
: Single Player
Pemerintah
daerah di Indonesia adalah penyelenggara pemerintahan daerah menurut asas
otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem
dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD
1945.
Untuk
itu, pemerintah daerah bertanggung jawab atas pembangunan daerahnya
masing-masing. Oleh karenanya, pemerintah harus jelih dalam melihat situasi dan
kondisi apa saja yang dibutuhkan masyarakatnya, salahsatu contoh adalah
kebutuhan infrastruktur. Bisa dibayangkan bagaimana kesulitan masyarakat
melakukan aktifitas jika tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai.
Dalam
game ini pemain akan bertindak sebagai pemerintah atau kepala daerah yang
bertugas untuk menyelesaikan beberapa misi dalam satu level. Misi tersebut
berupa perbaikan dan pembangunan infrastruktur. Namun sebelum menuntaskan misi
tersebut, pemain akan terlebih dahulu mengumpulkan modal untuk membeli segala
kebutuhan. Terdapat banyak game yang dalam permainannya bertugas untuk
mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya, namun pada game ini menjadi berbeda
karena dikemas dengan konsep yang berbeda pula dari game lainnya. Game ini
merupakan game desktop.
Formal Elements:
Player :
Jumlah
Pemain : Single Player
Musuh : Komputer. Musuh berupa halang
rintang dan jebakan yang akan menghambat player, dalam hal ini berupa api,
asap, kawat duri, dan paku.
Peran
pemain : Mengendalikan karakter dalam
mengumpulkan poin dan tiba di garis finish
secepatnya sebelum waktu habis lalu menyelesaikan satu misi atau tugas
di tiap-tiap sub level yang berbeda.
Objective:
1. Mengumpulkan
poin sebanyak-banyaknya.
2. Menyelesaikan
permainan hingga di garis finish sublevel.
3. Menyelesaikan
tugas untuk mendapatkan bintang sebagai syarat untuk masuk ke level
selanjutnya.
Procedure:
Pemain
akan langsung diperhadapkan dengan menu utama game, yang di dalamnya ada
beberapa pilihan antara lain mulai, petunjuk, dan keluar. Pada pilihan tombol
mulai, bagi pemain yang baru pertama kali memainkan game ini akan dihadapkan
dengan tombol ‘go’, yang akan membawa pemain langsung masuk dalam permainan
dengan level awal, sedangkan bagi pemain yang sudah pernah memainkan game ini
maka akan dihadapkan dengan pilihan ‘continue’ yang akan membawa pemain ke
level dimana pemain terakhir kali memainkan game ini. Jika memilih tombol
petunjuk, maka pemain akan dibawa masuk ke tampilan yang berisi petunjuk dan
tata cara bermain. Selanjutnnya tombol keluar adalah untuk keluar dari
aplikasi.
Gambar 1. Tampilan Menu Utama
Rules:
Pergerakan Karakter
Tombol
Space pada keyboard untuk melompat.
Tombol
D pada keyboard untuk maju kedepan.
Tombol
A pada keyboard untuk mundur kebelakang.
Level dan Sublevel
Shop
Pemain
hanya dapat membeli kebutuhannya jika
berhasil mencapai garis finish.
Waktu
Pemain
diberikan waktu 3 menit untuk mencapai garis finish.
Pena
Player
diberikan 3 pena sebagai energi dalam satu kali permainan.
Buku
Jika
mendapatkan buku maka setiap kali memperoleh poin akan dikalikan 2.
Stopwatch
Jika
mendaptkan stopwatch maka estimasi waktu akan ditambah 30 detik.
Poin
Koin
bernilai 50, uang kertas bernilai 100, diamond bernilai 150, gold bernilai 200.
Poin akan digunakan untuk membeli kebutuhan misi/tugas di shop.
Api
Api
adalah jebakan yang tidak terlihat. Player akan mati jika terkena api.
Asap
Asap
adalah jebakan yang tidak terlihat. Poin akan dikurangi 100 dan player akan
melambat jika terkena asap.
Batu
Player
akan mati jika menabrak batu.
Kawat Duri
Player
akan mati jika menabrak/menginjak kawat duri.
Paku
Player
akan mati jika menabrak/menginjak paku.
Game Over
Setiap
kali game over maka poin akan dikurangi 25%.
Resource:
Waktu
yang diberikan untuk menyelesaikan satu permainan adalah 180 detik (3 menit).
Jika mendapat stopwatch maka waktu akan bertambah 30 detik.
Setiap
perolehan poin akan dikalikan 2 jika mendapatkan buku.
Gambar 3. Buku
Koin
bernilai 50.
Gambar 4. Koin
Uang
kertas bernilai 100.
Gambar 5. Uang kertas
Diamond
bernilai 150.
Gambar 6. Diamond
Gold
bernilai 200.
Gambar 7. Gold
Shop
menyediakan barang dan alat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan misi/tugas di
setiap sublevel yang dapat diperoleh dengan menukarkan poin sesuai jumlah harga
barang dan alat.
Gambar 8. Shop
Bintang
akan diperoleh setiap kali menyelesaikan misi/tugas di sublevel yang kemudian
akan ditukarkan untuk bisa melanjutkan ke level berikutnya.
Gambar 9. Bintang
Conflict:
Konflik
dalam game ini adalah berupa halang rintang yang terlihat maupun yang tidak
terlihat (jebakan), waktu dan menyelesaikan misi/tugas.
Api
adalah jebakan yang tidak terlihat.
Gambar 10. Api
Asap
adalah jebakan yang tidak terlihat.
Gambar 11. Asap
Batu
adalah halang rintang yang ada di jalur yang mendaki dan menurun.
Gambar 12. Batu
Kawat
duri dan paku adalah halang rintang yang ada di jalur rata.
Gambar 13. Kawat duri dan Paku
Tugas
untuk memperbaiki jembatan yang rusak merupakan salah satu misi yg ada di
sublevel game ini.
Gambar 14. Misi/tugas di salah satu sublevel
Boundary:
Blusugame
terdiri dari 5 level dan beberapa sublevel. Level yang pertama dideskripsikan
sebagai level Lurah, level yang kedua sebagai camat, level yang ketiga sabagai bupati/walikota,
level yang keempat sebagai gubernur, dan level yang terakhir sebagai presiden.
Player diharuskan untuk menyelesaikan satu sublevel sebelum ke sublevel
berikutnya, dan juga menyelesaikan semua sublevel yang ada di level tersebut
sebelum ke level selanjutnya.
Berikut
syarat untuk melanjutkan level:
Level 1: harus
menyelesaikan 4 sublevel dan mendapatkan 4 bintang, yang terdiri dari
membersihkan sampah yang beserakan, membersihkan/memotong rumput, memperbaiki
keran dan pipa yang rusak, dan menanam 5 pohon.
Level 2: harus
menyelesikan 3 sublevel dan mendapatkan 3 bintang. Yang terdiri dari
memperbaiki jalan setapak yang rusak, memperbaiki wc umum yang rusak, dan
memperbaiki jembatan ukuran kecil yang rusak.
Level 3: harus
menyelesaikan 3 sublevel dan mendapatkan 3 bintang. Yang terdiri dari
memperbaiki gedung sekolah, memperbaiki gedung kantor, dan memperbaiki jembatan
ukuran sedang yang rusak.
Level 4: harus
menyelesaikan 2 sublevel dan mendapatkan 2 bintang, yang terdiri dari membangun
arena bermain anak, dan membangun wc umum.
Level 5: harus
menyelesaikan 1 sublevel dan mendapatkan 1 bintang, yaitu dengan tugas
membangun jalan umum yang beraspal.
Yang
menjadi arena bermain game ini adalah outdor baik di jalur rata maupun jalur
mendaki dan menurun.
Gambar 15. Arena game
Outcome:
Pemain
akan menang jika menyelesaikan seluruh level dan sublevel yang ada.
Dramatic Elements:
Challenge:
Tantangan
dalam game ini adalah bagaimana melewati halang rintang dan jebakan,
mengumpulkan koin sebanyak mungkin serta berusaha menyelesaikan misi/tugas yang
ada pada setiap sublevel.
Premise:
Premise
dalam permainan ini yaitu pemain bisa lebih menghargai fasilitas atau
infrastruktur umum agar tidak begitu mudah saja untuk dirusak.
Character:
Karakter
yang dapat dimainkan dalam game ini hanya ada satu yaitu si Blusug.
Gambar 16. Karakter si blusug
Story:
Cerita
dari game ini adalah seorang kepala daerah yang melakukan blusukan di daerah
pemerintahannya lalu menemukan beberapa infrastruktur yang bermasalah dan harus
dibenahi bahkan juga ada yang harus dibangun dari awal. Namun untuk mengerjakan
semua itu tidak segampang membalikkan telapak tangan. Kepala daerah tersebut
membutuhkan alat dan bahan yang akan digunakan, karena itu dia harus berusaha
mendapatkan uang untuk membeli alat dan bahan yang diperlukan tersebut.
Dramatic Arc:
Sisi
dramatic dalam game ini terdapat pada halang rintang dan jebakan yang ada serta
waktu yang diberikan untuk menyelesaikan satu sublevel.
Api:
merupakan jebakan yang berada pada setiap level. Pemain tidak akan melihat
dimana api berada seperti halnya melihat kawat duri dan paku sehingga pemain
harus berhati-hati dalam melakukan langkah karena ketika player menginjak api
maka player akan mati.
Asap:
sama halnya dengan api, asap merupakan jebakan yang berada disetiap level.
Pemain tidak akan melihat dimana asap berada. Setiap kali player menginjak
asap, maka poin akan dikurangi 100 dan player akan melambat selama beberapa
detik.
Kawat,
paku dan batu: merupakan halang rintang yang ada pada setiap level. Namun
player harus berhati-hati melewati halang rintang karena bisa saja disebelah
halang rintang ada jebakan.
Shop:
menjadi salah satu penentu selesainya satu sublevel karena player harus
membayar harga yang ada di shop, untuk itu player harus berusaha mengumpulkan
banyak poin.
Waktu:
waktu yang diberikan dalam satu kali permainan yaitu 3 menit. Waktu tersebut
terbilang lumayan lama, namun dengan banyaknya halang rintang dan jebakan maka
terasa waktu tersebut tidak cukup.
Buku
dan stopwatch: pemain akan sedikit terbantu dalam mengumpulkan poin dengan adanya buku karena jika mendapatkan
buku maka setiap poin yang diperoleh akan dikalikan 2. Namun hal tersebut hanya
bertahan beberapa detik, untuk itu player harus secepat mungkin memanfaatkannya.
Stopwatch akan memberikan tambahan waktu 30 detik sehingga player berpeluang
untuk segera menyelesaikan sublevel.
Lampiran konsep Blusugame:
Gambar 17. Tampilan menu utama
Gambar 18. Player berhasil melewati kawat duri
Gambar 19. Player menginjak jebakan asap, poin
dikurangi 100
Gambar 20. Player menginjak jebakan api. Player
mati, dan pena (energi) berkurang 1.
Gambar 21. Salah satu tugas dalam game ini adalah
memperbaiki jembatan yang rusak.
Gambar 22. Shop sebagai tempat membeli alat dan
bahan yang dibutuhkan.
YouTube - Videoslots - VideoSlots
ReplyDeleteVideoslots.com Videoslots is the new home of unique videoslots videoslots. If you haven't yet watched our YouTube videoslots free youtube to mp3 converter videos you can