Design Game 'BLUSUGAME'- dgn Teory Tracy Fullerton (Formal Element dan Dramatic Element)

Salam…
Setelah sekian lama tidak menulis di blog ini karena sibuk dan padatnya tugas kuliah yg sangat menyita waktu – hahaha cie menyita waktu -, akhirnya kali ini saya mencoba kembali untuk membagikan tulisan tentang design game. Dalam tulisan ini, game yg coba saya rancang adalah game bergenre adventure yg saya beri nama ‘blusugame’ – kenapa blusugame? Ahh nanti anda akan tahu sendiri jawabannya setelah membaca tulisan ini wkwkw-. Game serupa yg sama dgn game ini sudah cukup banyak, tetapi yg membedakan game lain dgn game ini adalah dari konsep dan ceritanya. Jika di game lain yg hampir sama dgn game ini pemain hanya bertugas mangumpulkan poin/nilai, maka di game ini pemain mempunyai tugas selain mengumpulkan poin, juga bertugas menyelesaikan misi/pekerjaan yang diberikan di tiap sublevel, dan misi/pekerjaan tersebut berbeda2 pada setiap sublevel. Dalam merancang game ini, saya menggunakan teori Tracy Fullerton dalam bukunya ‘Game Design Workshop – A playcentric approach to creating innovative games’, yg dimana beliau mengatakan bahwa ada 2 elemen dasar game yaitu elemen formal (Formal Element) dan elemen dramatis (Dramatic Element). Elemen formal terdiri dari player, objective, procedure, rules, resources, conflict, boundaries, dan outcome. Sedangkan elemen dramatis terdiri dari challenge, premise, character, story, dan dramatic arc.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman2 smua….
BLUSUGAME
Genre : Adventure
Player : Single Player

Pemerintah daerah di Indonesia adalah penyelenggara pemerintahan daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945.
Untuk itu, pemerintah daerah bertanggung jawab atas pembangunan daerahnya masing-masing. Oleh karenanya, pemerintah harus jelih dalam melihat situasi dan kondisi apa saja yang dibutuhkan masyarakatnya, salahsatu contoh adalah kebutuhan infrastruktur. Bisa dibayangkan bagaimana kesulitan masyarakat melakukan aktifitas jika tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai.
Dalam game ini pemain akan bertindak sebagai pemerintah atau kepala daerah yang bertugas untuk menyelesaikan beberapa misi dalam satu level. Misi tersebut berupa perbaikan dan pembangunan infrastruktur. Namun sebelum menuntaskan misi tersebut, pemain akan terlebih dahulu mengumpulkan modal untuk membeli segala kebutuhan. Terdapat banyak game yang dalam permainannya bertugas untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya, namun pada game ini menjadi berbeda karena dikemas dengan konsep yang berbeda pula dari game lainnya. Game ini merupakan game desktop.

Formal Elements:
Player :
Jumlah Pemain : Single Player
Musuh               : Komputer. Musuh berupa halang rintang dan jebakan yang akan menghambat player, dalam hal ini berupa api, asap, kawat duri, dan paku.
Peran pemain     : Mengendalikan karakter dalam mengumpulkan poin dan tiba di garis finish  secepatnya sebelum waktu habis lalu menyelesaikan satu misi atau tugas di tiap-tiap sub level yang berbeda.

Objective:
1.      Mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.
2.      Menyelesaikan permainan hingga di garis finish sublevel.
3.      Menyelesaikan tugas untuk mendapatkan bintang sebagai syarat untuk masuk ke level selanjutnya.

Procedure:
Pemain akan langsung diperhadapkan dengan menu utama game, yang di dalamnya ada beberapa pilihan antara lain mulai, petunjuk, dan keluar. Pada pilihan tombol mulai, bagi pemain yang baru pertama kali memainkan game ini akan dihadapkan dengan tombol ‘go’, yang akan membawa pemain langsung masuk dalam permainan dengan level awal, sedangkan bagi pemain yang sudah pernah memainkan game ini maka akan dihadapkan dengan pilihan ‘continue’ yang akan membawa pemain ke level dimana pemain terakhir kali memainkan game ini. Jika memilih tombol petunjuk, maka pemain akan dibawa masuk ke tampilan yang berisi petunjuk dan tata cara bermain. Selanjutnnya tombol keluar adalah untuk keluar dari aplikasi.

Gambar 1. Tampilan Menu Utama


Rules:
Pergerakan Karakter
Tombol Space pada keyboard untuk melompat.
Tombol D pada keyboard untuk maju kedepan.
Tombol A pada keyboard untuk mundur kebelakang.
Level dan Sublevel
Dalam satu level terdapat beberapa sublevel. Pemain harus menyelesaikan satu sublevel untuk dapat melanjutkan ke sublevel selanjutnya. Setiap menyelesaikan 1 sublevel, pemain akan memperoleh bintang. Setelah semua sublevel diselesaikan, maka level berikutnya akan terbuka.
Shop
Pemain hanya  dapat membeli kebutuhannya jika berhasil mencapai garis finish.
Waktu
Pemain diberikan waktu 3 menit untuk mencapai garis finish.
Pena
Player diberikan 3 pena sebagai energi dalam satu kali permainan.
Buku
Jika mendapatkan buku maka setiap kali memperoleh poin akan dikalikan 2.
Stopwatch
Jika mendaptkan stopwatch maka estimasi waktu akan ditambah 30 detik.
Poin
Koin bernilai 50, uang kertas bernilai 100, diamond bernilai 150, gold bernilai 200. Poin akan digunakan untuk membeli kebutuhan misi/tugas di shop.
Api
Api adalah jebakan yang tidak terlihat. Player akan mati jika terkena api.
Asap
Asap adalah jebakan yang tidak terlihat. Poin akan dikurangi 100 dan player akan melambat jika terkena asap.
Batu
Player akan mati jika menabrak batu.
Kawat Duri
Player akan mati jika menabrak/menginjak kawat duri.
Paku
Player akan mati jika menabrak/menginjak paku.
Game Over
Setiap kali game over maka poin akan dikurangi 25%.

Resource:
Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan satu permainan adalah 180 detik (3 menit). Jika mendapat stopwatch maka waktu akan bertambah 30 detik.
Gambar 2. Stopwatch

Setiap perolehan poin akan dikalikan 2 jika mendapatkan buku.
Gambar 3. Buku

Koin bernilai 50.
Gambar 4. Koin

Uang kertas bernilai 100.
Gambar 5. Uang kertas

Diamond bernilai 150.
Gambar 6. Diamond

Gold bernilai 200.
Gambar 7. Gold

Shop menyediakan barang dan alat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan misi/tugas di setiap sublevel yang dapat diperoleh dengan menukarkan poin sesuai jumlah harga barang dan alat.
Gambar 8. Shop

Bintang akan diperoleh setiap kali menyelesaikan misi/tugas di sublevel yang kemudian akan ditukarkan untuk bisa melanjutkan ke level berikutnya.
Gambar 9. Bintang

Conflict:
Konflik dalam game ini adalah berupa halang rintang yang terlihat maupun yang tidak terlihat (jebakan), waktu dan menyelesaikan misi/tugas.

Api adalah jebakan yang tidak terlihat.
Gambar 10. Api
Asap adalah jebakan yang tidak terlihat.
Gambar 11. Asap
Batu adalah halang rintang yang ada di jalur yang mendaki dan menurun.
Gambar 12. Batu
Kawat duri dan paku adalah halang rintang yang ada di jalur rata.
Gambar 13. Kawat duri dan Paku
Tugas untuk memperbaiki jembatan yang rusak merupakan salah satu misi yg ada di sublevel game ini.
Gambar 14. Misi/tugas di salah satu sublevel

Boundary:
Blusugame terdiri dari 5 level dan beberapa sublevel. Level yang pertama dideskripsikan sebagai level Lurah, level yang kedua sebagai camat, level yang ketiga sabagai bupati/walikota, level yang keempat sebagai gubernur, dan level yang terakhir sebagai presiden. Player diharuskan untuk menyelesaikan satu sublevel sebelum ke sublevel berikutnya, dan juga menyelesaikan semua sublevel yang ada di level tersebut sebelum ke level selanjutnya.
Berikut syarat untuk melanjutkan level:
Level 1: harus menyelesaikan 4 sublevel dan mendapatkan 4 bintang, yang terdiri dari membersihkan sampah yang beserakan, membersihkan/memotong rumput, memperbaiki keran dan pipa yang rusak, dan menanam 5 pohon.
Level 2: harus menyelesikan 3 sublevel dan mendapatkan 3 bintang. Yang terdiri dari memperbaiki jalan setapak yang rusak, memperbaiki wc umum yang rusak, dan memperbaiki jembatan ukuran kecil yang rusak.
Level 3: harus menyelesaikan 3 sublevel dan mendapatkan 3 bintang. Yang terdiri dari memperbaiki gedung sekolah, memperbaiki gedung kantor, dan memperbaiki jembatan ukuran sedang yang rusak.
Level 4: harus menyelesaikan 2 sublevel dan mendapatkan 2 bintang, yang terdiri dari membangun arena bermain anak, dan membangun wc umum.
Level 5: harus menyelesaikan 1 sublevel dan mendapatkan 1 bintang, yaitu dengan tugas membangun jalan umum yang beraspal.

Yang menjadi arena bermain game ini adalah outdor baik di jalur rata maupun jalur mendaki dan menurun.
Gambar 15. Arena game

Outcome:
Pemain akan menang jika menyelesaikan seluruh level dan sublevel yang ada.

Dramatic Elements:
Challenge:
Tantangan dalam game ini adalah bagaimana melewati halang rintang dan jebakan, mengumpulkan koin sebanyak mungkin serta berusaha menyelesaikan misi/tugas yang ada pada setiap sublevel.

Premise:
Premise dalam permainan ini yaitu pemain bisa lebih menghargai fasilitas atau infrastruktur umum agar tidak begitu mudah saja untuk dirusak.

Character:
Karakter yang dapat dimainkan dalam game ini hanya ada satu yaitu si Blusug.
Gambar 16. Karakter si blusug

Story:
Cerita dari game ini adalah seorang kepala daerah yang melakukan blusukan di daerah pemerintahannya lalu menemukan beberapa infrastruktur yang bermasalah dan harus dibenahi bahkan juga ada yang harus dibangun dari awal. Namun untuk mengerjakan semua itu tidak segampang membalikkan telapak tangan. Kepala daerah tersebut membutuhkan alat dan bahan yang akan digunakan, karena itu dia harus berusaha mendapatkan uang untuk membeli alat dan bahan yang diperlukan tersebut.

Dramatic Arc:
Sisi dramatic dalam game ini terdapat pada halang rintang dan jebakan yang ada serta waktu yang diberikan untuk menyelesaikan satu sublevel.
Api: merupakan jebakan yang berada pada setiap level. Pemain tidak akan melihat dimana api berada seperti halnya melihat kawat duri dan paku sehingga pemain harus berhati-hati dalam melakukan langkah karena ketika player menginjak api maka player akan mati.
Asap: sama halnya dengan api, asap merupakan jebakan yang berada disetiap level. Pemain tidak akan melihat dimana asap berada. Setiap kali player menginjak asap, maka poin akan dikurangi 100 dan player akan melambat selama beberapa detik.
Kawat, paku dan batu: merupakan halang rintang yang ada pada setiap level. Namun player harus berhati-hati melewati halang rintang karena bisa saja disebelah halang rintang ada jebakan.
Shop: menjadi salah satu penentu selesainya satu sublevel karena player harus membayar harga yang ada di shop, untuk itu player harus berusaha mengumpulkan banyak poin.
Waktu: waktu yang diberikan dalam satu kali permainan yaitu 3 menit. Waktu tersebut terbilang lumayan lama, namun dengan banyaknya halang rintang dan jebakan maka terasa waktu tersebut tidak cukup.
Buku dan stopwatch: pemain akan sedikit terbantu dalam mengumpulkan poin  dengan adanya buku karena jika mendapatkan buku maka setiap poin yang diperoleh akan dikalikan 2. Namun hal tersebut hanya bertahan beberapa detik, untuk itu player harus secepat mungkin memanfaatkannya. Stopwatch akan memberikan tambahan waktu 30 detik sehingga player berpeluang untuk segera menyelesaikan sublevel.



Lampiran konsep Blusugame:
Gambar 17. Tampilan menu utama
Gambar 18. Player berhasil melewati kawat duri
Gambar 19. Player menginjak jebakan asap, poin dikurangi 100
Gambar 20. Player menginjak jebakan api. Player mati, dan pena (energi) berkurang 1.
Gambar 21. Salah satu tugas dalam game ini adalah memperbaiki jembatan yang rusak.

Gambar 22. Shop sebagai tempat membeli alat dan bahan yang dibutuhkan.


Comments

  1. YouTube - Videoslots - VideoSlots
    Videoslots.com Videoslots is the new home of unique videoslots videoslots. If you haven't yet watched our YouTube videoslots free youtube to mp3 converter videos you can

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TUTORIAL MEMBUAT SIMPLE AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D.

BELAJAR PEWARISAN PADA JAVA